Text
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN Kuantitatif & Kualitatif
Pendidikan sebagai gejala sosial dalam kehidupan berkaitan erat dengan masalah individual, sosial, dan kultural. Dengan penerapan otonomi bidang pendidikan, otomatis terjadi perubahan pengelolaan pendidikan dari yang bersifat sentralistik menjadi desentralistik. Hal itu tentu memunculkan problematika yang sangat beragam. Untuk memecahkan problematika tersebut diperlukan metode yang khusus digunakan dalam bidang pendidikan. Karena itulah dihadirkan buku yang khusus membahas tentang metodologi penelitian pendidikan ini.
Mengingat beragamnya masalah dalam bidang pendidikan, terutama pasca otonomi, untuk menelitinya pun tidak hanya diperlukan satu teori. Karena itulah, berbeda dengan buku-buku yang ada, buku ini membahas penelitian kuantitatif dan kualitatif bidang pendidikan dalam satu kemasan disertai dengan contoh-contoh konkret. Di dalamnya dibahas tentang enam jenis penelitian, yaitu penelitian survei korelasional, penelitian eksperimen, penelitian kausal komparatif, penelitian etnografi, penelitian grounded theory, dan penelitian tindakan.
Melalui buku ini, pembaca diajak mengikuti kegiatan jenis-jenis penelitian tersebut langkah demi langkah, sesuai dengan paradigmanya. Setiap jenis penelitian baik yang kuantitatif maupun kualitatif dibahas secara rinci mulai dari dasar-dasar konseptualnya sampai contoh penerapannya dalam pelaksanaan. Pemahaman mengenai berbagai jenis penelitian tersebut diharapkan dapat membantu para mahasiswa, praktisi, maupun pengambil kebijakan dalam menyelesaikan berbagai masalah di bidang pendidikan
P000075B | 001.42 EMZ m | Perpustakaan SMA FG | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain