Text
PENGANTAR PENDIDIKAN Suatu Konsep Dasar, Teori, Strategi, dan Implementasi
Tak ada satupun di dunia ini yang terjadi dengan tiba-tiba tanpa kehendak Allah Subhannahuwataala Tuhan Yang Maha Esa. Demikian pula dalam dunia pendidikan termasuk institusi pendidikan itu sendiri. Pendidikan memang sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka, tetapi perjuangan mendapatkan akses pendidikan, pengadaan lembaga pendidikan sangatlah tidak gampang. Dalam masa penjajahan orang yang boleh mengikuti pendidikan hanya orang-orang bangsawan, sementara masyarakat awam termarginalkan. Bagaimana perjuangan membentuk institusi pendidikan, bagaimana perjuangan pengadaan akses pendidikan, bagaimana tenaga pendidikan dan peserta didik berbuat dalam zaman yang serba berubah dalam derasnya arus global, dikupas dalam buku ini. Menyikapi kehidupan modem sekarang ini, bidang pendidikan dihadapkan pada berbagai tantangan
fokus pertintian dan tidak jarang menjadi sasaran ketidakpuasan masyarakat karena pendidikan menyangkut kecanlingan semua orang, bukan hanya menyangkut investasi dan kondisi kehidupan di masa yang akan datang, akan tetapi juga juga menyangkut kondisi dan suasana kehidupan saat ini. Keharusan perubahan dalam lingkungan yang penuh turbulensi dan dinamika itu merupakan sebuah fakta kehidupan bagi semua organisasi-organisasi termasuk di dalamnya adalah organisasi lembaga pendidikan tenaga pendidikan. Organisasi pendidikan tidak seharusnya menunggu hingga organisasinya
perubahan yang sangat cepat dan kehadirannya sulit diprediksikan, sehingga menuntut kesigapan lembaga pendidikan tenaga kependidikan memiliki kemampuan antisipatif dan adaptif terhadap berbagai kemungkinan sebagai konsekuensi dari adanya perubahan itu. Begitu pula halnya dengan sekolah, sebagai institusi pendidikan yang bergerak dalam bidang jasa dan pendidikan akan dihadapkan pada berbagai tantangan perubahan. Ketidakmampuan suatu lembaga pendidikan tenaga kependidikan mengantisipasi dan beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi itu, cepat atau lambat akan dapat menimbulkan keterpurukan bahkan mungkin tersingkirkan yang pada akhimya akan habis ditelan oleh perubahan itu sendiri dan tinggal kenangan belaka. Tidak bisa dipungkiri bahwa suatu lembaga pendidikan itu akan selalu berubah seiring dengan perubahan zaman, bahkan setiap saat pendidikan selalu menjadi mengalan proses kemunduran dan baru mengadakan perubahan. Menyikapi globalisasi saat ini seyogianya SDM lembaga pendidikan tenaga kependidikan secara terus menerus melakukan prediksi dan mengantisipasi kebutuhan akan perubahan yang serba cepat itu. Kemajuan zaman menuntut adanya perubahan begitupun dalam bidang pendidikan. Tidak bisa dipungkiri bahwa harapan pada pendidikan yang lebih baik telah menjadi tuntutan bagi semua pihak. Sekolah sebagai salah satu wujud dari sebuah lembaga pendidikan dituntut untuk terus menerus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terus berkembang guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan baik di abad modern sekarang ini maupun super modern yang akan datang. Buku ini menawarkan Konsep Dasar Teori Strategi dan Implementasi bagaimana perubahan dalam suatu institusi organisasi pendidikan itu harus dilakukan. Buku inuga dibuat sejalan dengan konsep UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 yang berupaya membebaskan Institusi pendidikan, tenaga pendidik dan peserta didik dari segala aspek yang membuat mereka tertinggal da persaingan kehidupan yang kian ketat. Tak bisa dipungkiri bahwa sesungguhnya pendidikan adalah
nagi setiap umat manusia, atau lebih khusus lagi, pendidikan adalah hak setiap warga negara. rgblik Indonesia). Dalam teori pelaksanaannya, pendidikan menjadi tanggung jawab dan kewajiban hacara. (UUD 1945 versi amandemen Pasal 31 ayat 3). Tetapi perubahan dan perkembangan pendidikan tidak boleh mengesampingkan kearifan lokal yang harus terus dibangun dan dipelihara merupakan pasan yang paling urgen dalam buku ini. Semoga bermanfaat.
P000612B | 370.1 HAM p | Perpustakaan SMA FG | Tersedia |
P000942B | 370.1 HAM p | Perpustakaan SMA FG | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain