Text
METODE PENULISAN KARYA ILMIAH
Hampir setiap fakultas, bahkan program studi menerbitkan pedoman penulisan karya ilmiah, baik skripsi, tesis, maupun disertasi. Akan tetapi, kebanyakan pedoman tersebut hanya memuat bagian-bagian dan format sebuah proposal serta bagian-bagian dan format skripsi, tesis, dan disertasi. Pedoman tersebut pada umumnya tidak memuat bagaimana suatu ide dan argumen dapat dikemas dengan kriteria karya ilmiah serta memiliki ciri sebagai karangan efektif yang mudah dipahami.
Banyak pihak menganggap bahwa penulisan karya ilmiah telah diperoleh oleh mahasiswa pada matakuliah Bahasa Indonesia. Namun, kadangkala anggapan itu tidak sesuai dengan yang terjadi. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa (i) matakuliah Bahasa Indonesia hanya 2 sks sehingga tidak cukup waktu bagi mahasiswa untuk melakukan banyak latihan, sedangkan menulis adalah sebuah skill yang harus banyak latihan; (ii) matakuliah Bahasa Indonesia seringkali diampu oleh dosen yang tidak kompeten sehingga ada kemungkinan penyederhanaan masalah ketika terdapat persoalan ketata-bahasaan yang dihadapi mahasiswa; (iii) matakuliah Bahasa Indonesia diampu oleh dosen yang jarang berkoordinasi dengan program studi sehingga ada kemungkinan ketidaksesuaian antara materi kuliah dengan learning outcome program studi; dan (iv) matakuliah Bahasa Indonesia tidak dimulai dari need assessment terhadap mahasiswa sehingga ada kemungkinan pengulangan dengan materi di SMA atau mengabaikan kepiawaian menulis yang telah dimiliki oleh mahasiswa.
Buku ini ditulis berdasarkan pengamatan terhadap pedoman-pedoman karya ilmiah perguruan tinggi, buku-buku Bahasa Indonesia di SMA dan di perguruan tinggi, serta pengalaman mengajar matakuliah Bahasa Indonesia di sejumlah perguruan tinggi. Buku ini memberi penjelasan adanya kesatuan konsep dan keterikatan makna antara satu satuan bahasa dengan satuan bahasa yang lain. Selain itu, buku ini memberi penjelasan yang komprehensif sekaligus mendalam mengenai teknik menulis karya ilmiah sehingga mudah diaplikasikan oleh mahasiswa dari program studi apa saja.
P002122B | 808.02 ADI m | Perpustakaan SMA FG | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain