Text
MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN INKLUSI di Sekolah/Madrasah
Pendidikan inklusi merupakan filosofi pendidikan, bukan istilah kebijakan atau legislasi dalam pendidikan, yang memungkinkan semua peserta didik memperoleh pendidikan yang terbaik. Pendidikan inklusif merujuk pada kebutuhan belajar semua peserta didik, dengan suatu fokus spesifik pada mereka yang rentan terhadap marginalisasi dan pemisahan. Dengan pendidikan inklusif berarti sekolah harus mengakomodasi semua anak tanpa memandang kondisi fisik, intelektual, sosial, emosi, bahasa, atau kondisi lainnya dengan dasar layanan yang kooperatif, toleransi, penerimaan, dan fleksibilitas. Dan bukan pendidikan yang seperti sekarang ini yang lebih mengandalkan kompetisi sesama anak dengan sebuah lingkungan yang dibatasi (list restrictive environment) akan tetapi sebuah kondisi yang berkompetisi dengan dirinya sendiri dengan lingkungan yang menumbuhkan anak untuk lebih berkembang (more enabling environment).
Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, tentulah sekolah umum yang telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Beberapa persyaratan dimaksud di antaranya berkenaan dengan keberadaan siswa berkebutuhan khusus, komitmen, manajemen sekolah, sarana prasarana, dan ketenagaan. Sekolah penyelenggara pendidikan inklusi haruslah memiliki siswa berkebutuhan khusus, memiliki komitmen terhadap pendidikan inklusi, penuntasan wajib belajar maupun terhadap komite sekolah. Selain itu juga harus memiliki jaringan kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait, yang didukung dengan adanya fasilitas dan sarana pembelajaran yang mudah diakses oleh semua anak.
Sekarang bagaimanakah sebenarnya pengembangan pendidikan inklusi di sekolah/madrasah tersebut? Bagaimana pula implementasinya dalam suatu proses pembelajaran? Melalui buku ini Anda akan memperoleh gambaran secara jelas bagaimanakah desain, pengembangan dan implementasi pendidikan inklusi di sekolah/madrasah dari kerangka konseptual (teoretis) hingga best practice yang telah dilakukan. Sehingga dapat memandu Anda sekaligus mengaplikasikan dalam pengembangan pendidikan inklusi.
Buku ini sangat cocok untuk lembaga pendidikan RA/TK, MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA dalam rangka mengembangkan pendidikan inklusi pada lembaga mereka, juga cocok bagi tenaga pendidik (guru, dosen, narasumber, tutor, fasilitator), para akademisi, birokrasi, praktisi, peneliti, pengamat, widyaiswara, pengawas pendidikan dan tenaga kependidikan lainnya. Juga cocok bagi para mahasiswa pendidikan maupun non-kependidikan dari semua jenjang strata S-1 PGSD/PGMI, S-2 PGSD/PGMI, S-1 reguler, S-2 maupun S-3 yang berorientasi pada dunia pendidikan.
P001929B | 371.102 TRI m | Perpustakaan SMA FG | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain