Text
PERENCANAAN PENDIDIKAN Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi dan realitas di negara tersebut. Buku ini menggambarkan penerapan pendekatan manpower planning dalam perencanaan pendidikan sebagai upaya dalam mewujudkan proses pendidikan dan output pendidikan yang link and match dengan dunia kerja. Di sisi lain perencanaan pendidikan yang berbasis potensi wilayah dapat mengatasi surplus dan deficit untuk output program-program dengan jenis keahlian tertentu. Dengan demikian, perencanaan pendidikan yang berbasis potensi wilayah dengan menggunakan pendekatan manpower planning jadi upaya dalam menghasilkan SDM-SDM unggul yang dapat menjadi driving force pada proses pembangunan.
Dalam buku ini akan dijumpai beragam tema di antaranya fenomena penerapan pendekatan manpower planning dalam perencanaan pendidikan, sejarah dan konsep perencanaan pendidikan, konsep pendekatan manpower planning dan penerapannya dalam perencanaan pendidikan serta studi analisis kebutuhan sekolah dengan pendekatan manpower planning berbasis potensi wilayah. Studi analis kebutuhan sekolah yang dihadirkan dalam buku ini memberikan warna yang berbeda dengan buku tema yang serupa lainnya. Selain menghadirkan kajian mengenai proses perencanaan pendidikan dengan pendekatan manpower planning dari Davis, kajian tersebut juga dihasilkan dari sebuah riset yang tentunya pendekatannya lebih disesuaikan dengan kondisi dan realitas daerah. Jelas dan lugas menjadi ciri khas dari buku ini.
P001885B | 371 JOH p | Perpustakaan SMA FG | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain