Text
MEMAHAMI TRAUMA dengan perhatian khusus pada anak-anak
Buku kecil ini mencoba untuk menjelaskan mengenai Trauma Psikologis sebagaimana yang dipahami oleh klinisi di bidang kesehatan mental. Hal ini kami anggap penting karena dalam berbahasa sehari-hari, istilah trauma sudah digunakan untuk menggambarkan pengalaman yang mencekam serta memberikan efek jera jangka panjang dalam diri individu. Agar
pemahaman terhadap trauma bisa sesuai dengan perkembangan riset dan praktik di bidang layanan kesehatan mental, maka disajikan tiga perspektif untuk membantu para pembaca mengonstruksikan gambaran pengalaman traumatis yang berbeda-beda, yaitu perspektif model medis, psikologi positif, dan psikologi perkembangan. Masing-masing perspektif memberikan asumsi dan cara mejelaskan trauma yang sangat memengaruhi pandangan profesional atau praktisi sampai saat ini.
Diskusi yang penting dalam buku ini adalah mengenai keadaan traumagenik, yaitu bagaimana individu yang mengalami trauma akan memproses berbagai krisis yang dialami pasca peristiwa traumatis tersebut agar dapat menjadi penyintas (survivor). Dalam hal ini, penjelasan mengenai keadaan traumagenik juga membantu praktisi memahami mengapa korban kekerasan di masa kanak-kanak rentan terhadap reviktimisasi dan berisiko menjadi pelaku. Pembaca juga diajak mendiskusikan mengenai resiliensi, posttraumic growth, PTSD, dan proses pemulihan dalam konteks kultural. Pada bagian apendiks, disajikan berbagai instrumen untuk asesmen yang kami anggap bermanfaat dalam membantu praktik untuk para pembaca.
P001808B | 155 IRW m | Perpustakaan SMA FG | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain