Text
THE LONG TAIL
Dalam buku yang menggemparkan ini, Chris Anderson menunjukkan bahwa masa depan dunia bisnis bukan bertumpu pada produk-produk bestseller-bagian paling tebal dalam kurva permintaan tradisional-melainkan pada produk-produk yang sampai belum lama... ini dianggap gagal atau sampah- produk-produk di bagian ekor panjang (Long Tail) yang tak ada habisnya, pada kurva yang sama.
Sementara dunia kita diubah oleh Internet dan pilihan hampir tak terbatas yang ditawarkannya kepada konsumen, begitu pula model-model bisnis tradisional mulai diubah sehubungan dengan kebenaran baru yang tersingkap tentang apa yang diharapkan konsumen dan cara yang mereka inginkan untuk mendapatkan semua itu. Dunia buku telah diubah oleh Amazon; bisnis rekaman telah diubah oleh iTunes dan Rhapsody; transformasi serupa tengah berlangsung dan dalam waktu dekat akan dialami oleh setiap bidang yang telah akrab dengan kita. Ke mana pun kita memandang, toko-toko ukuran sedang, produk-produk khusus, dan judul-judul unik segera menjadi sebuah kekuatan yang secara kumulatif sangat dahsyat.
Chris Anderson mula-mula menggali Long Tail dalam sebuah artikel di majalah Wired yang menjadi salah satu artikel bisnis paling berpengaruh di zaman ini. Sekarang, dalam buku ini, ia merambah lebih jauh ke dalam model-model ekonomi baru zaman Internet, menunjukkan di mana bisnis akan berkembang, tempat kita bisa menggali setiap peluang besar yang ada: bagi para produsen baru, bagi pasar-pasar baru, serta bagi para tastemaker baru. Ia menunjukkan bagaimana model ekonomi Long Tail berlaku bagi semua industri: dari bisnis mainan anak, periklanan, hingga bisnis perabotan dapur. Ia menjabarkan aturan aturan yang perlu dikuasai agar bisa berkiprah dalam ekonomi Long Tail. Ia membefi kita kesempatan mengintip ke masa depan yang pada hakikatnya telah dimulai dari sekarang.
P001533B | 338.9 CHR t | Perpustakaan SMA FG | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain