Perpustakaan Future Gate

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PANDUAN MENGELOLA SEKOLAH TAHFIZH

Text

PANDUAN MENGELOLA SEKOLAH TAHFIZH

Islami, Tim Yayasan Muntada - Nama Orang;

Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan, sehingga bisa beraktifitas sebagaimana biasa, buku ini membahas tentang petunjuk dalam mengatur sekolah yang berbasis tahfizh, berikut di antara isinya:

***

Penilaian Dalam Halaqah Tahfizh
Tujuan penilaian dalam halaqah-halaqah tahfizh Al-Quran adalah untuk mengukur perkembangan bacaan Al-Quran siswa, baik dari sisi ketekunan hafalan maupun kebagusan setoran dan untuk mengukur penguasaan siswa terhadap materi-materi pendukung.

1. Tatacara penilaian bacaan Al-Quran dan Penguasaan Materi Penunjang

a. Menilai bacaan Al-Quran siswa

Penilaian bacaan Al-Quran hanya bisa dilakukan dengan ujian lisan, karena siswa belajar dan mengajar Al-Quran dengan cara pengejaan, juga melihat urgensi memperbagus setoran ketika sedang membacanya. Ini tentu tidak bisa dilakasnakan kecuali dengan ucapan. Sebagian siswa mungkin juga ada yang tidak bisa membaca dan menulis, dan kalau toh bisa membaca dan menulis, dia tidak bisa menulis rasm utsmani sebagaimana tulisan yang ada di mushaf, mereka hanya mengenal rasm imla’i (tulisan tangan) saja.

Ujian-ujian lisan memiliki dampak positif dan negatif yang banyak sekali. Di antara dampak positifnya adalah:

1. Guru mampu menilai praktik siswa dalam menyetordengan benar, dan kelancarannya.
2. Guru bisa menguji siswa tentang tingkatan-tingkatan bacaan siswa, macam-macam mad, tempat-tempat waqaf, membaca ghunah, terampil dalam mengucapkan huruf sesuai dengan makhrajnya dan sesuai dengan sifat-sifatnya, seperti tafkhim dan tarqiq (membaca tebal dan tipis), dan semisalnya.

***


Ketersediaan
P001132B371 TIM pPerpustakaan SMA FGTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371 TIM p
Penerbit
Solo : Mu\'assasah Al-Muntada Al-Islami., 2012
Deskripsi Fisik
Soft Cover
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-8417-26-6
Klasifikasi
371
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
I
Subjek
Pendidikan
Al Quran
Sekolah
Info Detail Spesifik
viii + 176 Halaman; 15 x 23 cm
Pernyataan Tanggungjawab
Tim Yayasan Muntada Islami
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Future Gate
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Future Gate merupakan salah satu fasilitas Yayasan yang dibuat untuk mendukung proses pembelajaran serta pengembangan literasi di lingkungan Yayasan. Perpustakaan ini menyediakan berbagai koleksi bacaan dari berbagai macam genre yang menarik.
Para guru, siswa, alumni, maupun masyarakat umum dapat mengunjungi Perpustakaan Future Gate di hari kerja, Senin - Jumat. 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat dan Psikologi
  • Agama
  • Ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Sains dan Matematika
  • Teknologi dan Ilmu Terapan
  • Seni dan Olahraga
  • Sastra
  • Sejarah dan Geografi
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik